2018 CPC Den Haag Halve Marathon

Karena pada dasarnya saya hampir setiap bulan selalu ikut event olahraga, akhirnya saya gatel juga di Belanda ini. Pingin ikut event olahraga juga. Akhirnya saya googling event lari aja deh. Karena kalau event sepedaan saya nggak punya sepeda balap disini, kalau lari saya siap aja hehehe..

Akhirnya ketemu event terdekat di Den Haag Half Marathon. Setelah googling biaya ikut event, biaya transport dari Amsterdam ke Den Haag, ternyata cukup masuk akal, akhirnya berbekal nekat, pada tanggal 1 Maret 2018 saya daftar. Event larinya tanggal 11 Maret, itu berarti saya cuma punya 10 hari buat intensif latihan, sebetulnya nggak mendadak juga sih, soalnya saya rutin latihan lari seminggu 2-4x. Ada atau tidak ada event. hehehe...


Tapi karena sudah daftar event, biasanya latihannya makin terstruktur dan makin sering. Karena ada motivasi tambahan. Artificial pressure. Saya mungkin sudah 3 atau 4 x finish Half Marathon dan 2x finish Marathon dan puluhan event 5k dan 10k,, tetapi kali ini beda. Karena yang pertama adalah ini event Half Marathon pertama yang saya ikuti di Eropa pas musim dingin pula, well.. sebetulnya Spring sih, tapi suhunya aneh. Yang kedua, batas maksimal untuk finish half marathon biasanya kalau event di Indonesia 3,5 jam, tapi disini 2,5 jam. Padahal personal best saya di Surabaya Half Marathon tahun lalu adalah 2 jam 34 menit. Saya ngerasa cukup yakin bisa deh nambah motong 4 menit. Karena 2 jam 34 menit itu catatan waktu 7 bulan yang lalu. Selama 7 bulan ini saya yakin tubuh saya lebih fit dan berat badan saya juga berkurang. Bismillah deh.

Hari Minggu, 11 Maret 2018 half marathon akan dimulai pukul 14.30 siang untuk wave pertama, 14.45 wave kedua dan 15.00 wave ketiga. Sebetulnya nomor BIB bisa dikirim pakai surat ke rumah, tetapi karena daftar saya telat, terpaksa harus diambil ke lokasi. Kami (saya dan istri) putuskan jam 10 berangkat dari apartemen di Amsterdam, karena hanya butuh waktu 1 jam naik kereta Intercity dari Amsterdam ke Den Haag Centraal.

Sekitar jam 11 siang kita sudah sampai Den Haag Centraal, cuaca kurang mendukung, gerimis, dingin dan angin kenceng. Waduh.. mampus deh.







Tapi gpp deh, namanya juga Bonek. Hajar! Jalan terus! Toh setelah liat laporan ramalan cuaca kemungkinan 2-3 jam kedepan bakal selesai hujannya.
Kebiasaan liat pengambilan BIB di Indonesia yang antriannya kaya pembagian sembako gratis bisa mengular panjang, disini sepi banget. Karena sebagian besar sudah dikirim ke rumah. Jadinya cuma 3 menit antri sudah dapat nomer. Tidak ada pembagian kaos, event di Eropa ini seringkali cuma ngasih BIB number yang terpasang chip. Toh peserta lari juga selalu pakai jersey lari masing-masing, jadi yang percuma dikasih kaos. Saya bayar 29 Euro untuk ikut event ini, atau sekitar 500 ribu rupiah. Ukurannya murah untuk orang Eropa, makan aja paling murah sekitar 5 Euro hehehe..


Cuma dapet beginian aja
Akhirnya mulai lah setting setting BIB di jersey sambil siap - siap dan makan siang di rumah makan halal andalan. Kebab hahahaha...

Pakai jersey paling enak saya, custom dari POGI Runner, Thx mas Aldi udah berjuang bikinin jersey ini.
Sambil makan dan siap-siap, ada piano nganggur di Den Haag Centraal, well, selalu ada piano di Centraal Station di Belanda, bebas buat dimainin siapapun, istri saya yang udah lama nggak main pun gatel. Lumayan saya dihibur gratis ahahaha..







Akhirnya jam 14.00 saya berangkat ke tempat start, pas ngantri pipis lucunya saya dengan samar - samar logat Jawa orang yang lagi telpon. "Awakmu nang endi? Aku sek ngantri nguyuh iki." Saya langsung noleh dan lihat orang yang telpon itu dengan senyum dan saya akan temui nanti habis kencing hahaha..

Lha ternyata beneran, ternyata orang Indonesia, anak PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) ada 5 orang yang ikut. Hahahaha...

Nyempetin selfie sebelum start. hahaha.. Semuanya anak tehnik tinggal dan kuliah di Delft.
Ngobrol ngobrol ama mereka, ternyata ada 150 orang pelajar Indonesia di Delft, banyak juga ya ternyata. Hebat.

Akhirnya tepat pukul 15.00 third wave (rombongan saya) dimulai. Start di suhu 9 derajat celcius dengan angin yang sepoi sepoi dan sudah tidak ada hujan lagi, enak banget deh. Karena saya berusaha menyelesaikan di waktu 2 jam 30 menit, saya berusaha menjaga pace saya di titik tertentu.

Hitungan saya untuk half marathon
Saya memutuskan memulai di pace 6 menit 40 detik per kilometer. Kalau heart rate saya naik banget, saya turunkan pace. Kalau heart rate bisa stabil, saya pertahanan. Dan tentunya kalau heart rate rendah banget saya naikkan pace. Pacing untuk long run sangat butuh kesabaran dan kejelian. Karena itu saya selalu lihat jam Garmin Fenix saya yang dilengkapi chest strap heart rate monitor untuk lihat pace dan heart rate saya saat itu. Supaya nggak terlalu pelan dan nggak kecepetan, pas deh pokoknya buat Half Marathon 21,1 kilometer hehehe..

Alhamdulillah, finish juga.






Suhu dingin menolong nggak dehidrasi, tapi juga ada tantangan sendiri, kedinginan hahaha...

Alhamdulillah finish di 2 jam 24 menit 56 detik.
Catatan waktu saya ini sangat memuaskan buat saya sendiri. Sejujurnya saya cukup kaget bisa finish di bawah 2 jam 25 menit full lari tanpa stop.

Rute Lari

Heart rate dan cadence. Dengan sedikit artefak lost signal heart rate hahaha..

Distribusi heart rate saya selama lari

Alhamdulillah Treshold Heart Rate saya naik
Catatan waktu di jam saya sedikit beda dengan yang dipakai oleh panitia. Karena tidak pernah mungkin pas 21,1km kan kalau bikin event. Di jam GPS Garmin saya tercata 21,4 km. Extra 30 meter. Dengan catatan waktu 2 jam 27 menit 21 detik. Yah.. pokoknya kurang dari 2 jam 30 menit udah seneng hahahaha..



Well, overall saya puas banget, bisa finish strong dan masih senyum senyum. Akhirnya langsung memutuskan daftar Rotterdam Full Marathon haahahhaa..


Buat yang berminat mengikuti perjalanan olahraga saya bisa dicek di Strava atau Garmin. Kadang juga saya upload di Instagram @drharinugroho

Amsterdam, 13 Maret 2018
jam 09:56 di kantor, nganggur gara-gara operasi batal

Hari Nugroho

Komentar

Postingan Populer